Kamis, 10 September 2015

SATKOM SIBHARA JALIN MOU DENGAN KOMUNITAS RADIO KOBRA



Salah satu badan atau organisasi sayap KBPP Polri, yakni Satuan Komunikasi (Satkom) Siaga Bhayangkara (Sibhara) mulai menunjukkan eksistensinya. Satkom Sibhara merupakan satuan tugas khusus yang dibentuk untuk mendayagunakan segenap potensi anggota KBPP Polri dalam bentuk penyampaian informasi, pesan-pesan, gagasan dan lain-lain, salah satunya dengan menggunakan media komunikasi radio, yang bertujuan untuk membantu tugas pokok Polri dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat.
Satkom Sibhara sendiri merupakan badan khusus yang ada di dalam tubuh KBPP Polri dan telah ada sejak KBPP Polri terbentuk. Hanya saja, aktivitas organisasi yang menggunakan frekuensi radio ini tidak serta merta muncul seiring terbentuknya KBPP Polri. “Semua badan akan eksis dengan sendirinya sesuai kebutuhan organisasi,” tutur R Iwan Sumantri, Ketua KBPP Polri Resor Kota Bandung.

Nah, seiring perkembangan waktu, ditambah aktivitas kegiatan KBPP Polri Resor Kota Bandung yang kian meningkat, terang Iwan, maka kebutuhan akan alat komunikasi radio untuk menyampaikan informasi-informasi di masyarakat terutama lalu lintas dan suasana kamtibmas semakin mendesak.
Untuk hal tersebut, KBPP Polri Resor Kota Bandung menggandeng komunitas KOBRA (Komunikasi Bantuan Darurat) yang selama ini telah aktif beroperasi menggunakan band frekuensi 161.650 Mhz. KOBRA merupakan organisasi komunitas yang berkecimpung di bidang sosial kemasyarakatan dengan fokus kepada kegiatan pemantauan, penanganan, dan penyampaian informasi melalui komunikasi radio yang beroperasi menggunakan band frekuensi 161.650 Mhz.
Maka pada hari Jumat tanggal 4 September 2015 lalu, Satkom Sibhara KBPP Polri Resor Kota Bandung mengadakan Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman dengan komunitas KOBRA, yang mengambil tempat di Mako KBPP Polri Resor Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani 282 Bandung. Hadir dalam penandatanganan MoU itu antara lain para pihak yakni Ketua Umum KOBRA Arman Sugondo dan Ketua KBPP Polri Resor Kota Bandung R Iwan Sumantri, Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP Drs. Adie Sumarwan, Sst.Mk., serta puluhan anggota KOBRA dan jajaran pengurus KBPP Polri Resor Kota Bandung.
“Ke depan, aktivitas Satkom Sibhara akan menggunakan frekuensi yang selama ini dipergunakan oleh komunitas KOBRA tersebut,” papar Iwan. Pada saat momen penandatanganan MoU tersebut, komunitas KOBRA yang dikomandani Arman Sugondo alias Kang Bintang, menyatakan meleburkan diri ke dalam Satkom Sibhara KBPP Polri Resor Kota Bandung.
Sehingga pada saat mengudara, call sign (nomor kode panggilan udara, red) KOBRA akan diganti dengan call sign baru dari Satkom Sibhara. “Ini merupakan kehormatan bagi kami, dan tentu saja harus diapresiasi sebagai bentuk ketulusan berkolaborasi yang total demi membantu tugas Polri dalam menyampaikan informasi aktual di masyarakat melalui frekuensi radio,” ujar Iwan.
Kasat Binmas Polrestabes Bandung, AKBP Drs. Adie Sumarwan, Sst.Mk., dalam sambutannya menyambut baik terjadinya nota kesepahaman tersebut. Sebab harus diakui, salah satu tugas kepolisian adalah membangun jarring kemitraan dengan segenap potensi masyarakat. “Tujuannya agar terdeteksi secara dini potensi-potensi gangguan kamtibmas, terutama yang berkaitan dengan narkoba dan terorisme,” tutur Adie, seraya menambahkan agar dalam berkomunikasi, Satkom Sibhara bisa menjaga sikap dan perilaku. *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP